8 Manfaat Buah Delima Merah yang Perlu Kamu Tahu

Manfaat Buah Delima merah yang Perlu Kamu Tahu – Buah delima bukan sekadar buah biasa. Dalam setiap butirnya tersimpan segudang manfaat yang mungkin belum banyak diketahui orang. Penasaran? Mari kita kupas satu per satu keajaiban dari buah ini!

Apa Itu Buah Delima?

Buah delima, atau yang dikenal dengan nama ilmiah Punica granatum, adalah buah yang berasal dari wilayah Timur Tengah. Buah ini memiliki kulit tebal dan biji-biji merah yang manis dan sedikit asam. Tidak hanya enak, delima juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Sejarah dan Asal Usul Buah Delima

Delima telah dibudidayakan sejak ribuan tahun lalu, terutama di daerah yang kini dikenal sebagai Iran dan India Utara. Buah ini memiliki peran penting dalam berbagai budaya dan agama, sering kali dilambangkan sebagai simbol kesuburan dan kemakmuran.

Baca Juga  Mengenal Buah Nyamplung: Banyak Manfaat dan Nilai Ekonomi yang Tinggi

8 Manfaat Buah Delima Merah untuk Kesehatan

Manfaat Buah Delima Merah

Buah delima menawarkan banyak manfaat kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Kaya Akan Antioksidan

Buah delima mengandung antioksidan tinggi seperti polifenol dan flavonoid. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat merusak sel dan menyebabkan berbagai penyakit kronis.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi jus delima secara rutin dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Kandungan antioksidan dalam delima juga dapat membantu menjaga elastisitas pembuluh darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Pengaruh Jus Delima Terhadap Kolesterol

Menurut penelitian, jus delima dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Ini tentunya sangat baik untuk kesehatan jantung kita.

3. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah delima membantu dalam produksi kolagen, yang penting untuk kesehatan kulit. Kolagen adalah protein yang menjaga kulit tetap kencang dan elastis.

Mengatasi Penuaan Dini

Siapa yang tidak ingin kulit tetap awet muda? Buah delima membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan garis halus. Cukup dengan rutin mengonsumsi buah ini atau menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak delima.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah delima rendah kalori dan tinggi serat, menjadikannya camilan yang sempurna bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Serat membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil.

Rekomendasi Diet dengan Delima

Cobalah menambahkan biji delima ke dalam salad atau yogurt untuk camilan sehat dan mengenyangkan. Atau, nikmati jus delima tanpa tambahan gula sebagai minuman segar yang menyehatkan.

5. Meningkatkan daya ingat

Penuaan, genetika, pola makan yang buruk, cedera otak, hingga kurang olahraga dapat menurunkan kinerja neuron. Ketika itu terjadi, neuron di area otak yang terlibat dalam pembelajaran dan memori, terutama hippocampus menjadi rusak dan mulai mati.

Baca Juga  Manfaat dan Kandungan Buah Matoa untuk Kesehatan

Nah, buah delima memiliki manfaat menurunkan risiko Alzheimer. Sebab, senyawa punicalagin dalam makanan ini terbukti mengurangi peradangan yang terkait dengan rheumatoid arthritis, parkinson, dan Alzheimer.

6. Mendukung kesehatan saluran kemih

Ekstrak delima berpotensi membantu mengurangi risiko pembentukan batu ginjal. Selain itu, nutrisi yang terkandung dalam buah ini juga dapat berperan dalam mengatur tingkat oksalat, kalsium, dan fosfat dalam darah. Secara keseluruhan, ini dapat memberikan dukungan bagi kesehatan saluran kemih.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Satu buah delima dapat menyediakan sekitar 40 persen kebutuhan vitamin C. Nah, sudah menjadi rahasia umum kalau vitamin C adalah antioksidan kuat yang penting bagi tubuh. Sebab, nutrisi ini mampu bekerja melawan peradangan seluruh tubuh, mencegah stres oksidatif hingga melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas.

Menariknya lagi, buah ini juga mengandung antioksidan lain yang dapat melindungi tubuh dari infeksi yang berkaitan dengan penyakit ginjal.

8. Mengurangi risiko anemia

Buah ini juga mengandung zat besi yang penting untuk pembentukan sel darah merah. Sehingga, dapat membantu mencegah anemia dan meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh.

Bagaimana Cara Mengonsumsi Buah Delima?

Ada berbagai cara untuk menikmati buah delima, mulai dari mengonsumsi biji-bijinya secara langsung hingga mengolahnya menjadi jus atau campuran dalam berbagai hidangan.

Mengupas Buah Delima dengan Mudah

Mengupas buah delima bisa menjadi tantangan tersendiri. Berikut adalah cara mudah untuk melakukannya:

  1. Potong bagian atas buah delima.
  2. Iris sedikit bagian kulit secara vertikal tanpa memotong biji.
  3. Buka buah dengan tangan, lalu keluarkan biji-bijinya.

Resep Jus Delima Segar

Untuk membuat jus delima, cukup blender biji delima bersama sedikit air, lalu saring. Jus delima segar siap dinikmati!

Manfaat Buah Delima Merah dalam Dunia Kecantikan

Manfaat Buah Delima Merah

Selain dimakan, buah delima juga sering digunakan dalam produk kecantikan. Kandungan antioksidan dan vitaminnya dipercaya mampu memberikan efek positif pada kulit.

Masker Wajah Delima

Masker wajah yang terbuat dari buah delima dapat membantu menghidrasi dan mencerahkan kulit. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mencampurkan biji delima yang telah dihaluskan dengan madu.

Baca Juga  Segar dan Nikmat: Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan Tubuh

Fakta Menarik tentang Buah Delima Merah

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang buah delima yang mungkin belum kamu ketahui:

  1. Delima sering disebut sebagai “buah surga” dalam berbagai budaya dan agama.
  2. Satu buah delima bisa mengandung lebih dari 600 biji.
  3. Delima telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama ribuan tahun.

Pertanyaan Umum tentang Buah Delima Merah

1. Apakah buah delima aman untuk dikonsumsi setiap hari?

Ya, buah delima aman dan bahkan sangat bermanfaat jika dikonsumsi setiap hari dalam jumlah yang wajar.

2. Apakah jus delima bisa membantu menurunkan tekanan darah?

Studi menunjukkan bahwa jus delima dapat membantu menurunkan tekanan darah, berkat kandungan antioksidannya yang tinggi.

3. Bagaimana cara memilih buah delima yang matang?

Pilih buah delima yang berat untuk ukurannya dan memiliki kulit yang mengkilap tanpa retakan.

4. Bisakah delima membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh?

Ya, kandungan vitamin C dalam delima dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Apakah biji delima bisa dimakan?

Biji delima aman untuk dimakan dan kaya akan serat serta antioksidan.

Kesimpulan

Buah delima bukan hanya lezat, tetapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Mulai dari meningkatkan kesehatan jantung hingga membantu menjaga kulit tetap awet muda, delima adalah tambahan yang sempurna untuk diet harian kita. Jangan ragu untuk menjadikan buah ini sebagai bagian dari gaya hidup sehat Anda!

Sumber : halodoc.com

Bagikan

Tinggalkan komentar